Panduan Konten Dan Iklan - Rumah.Com

Dokumen ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan keanggotaan agent di Rumah.com (selanjutnya disebut ‘Layanan’). Setiap anggota agen (selanjutnya disebut ‘Agen’) wajib mematuhi panduan ini ketika menggunakan Layanan.

Panduan ini dirancang untuk memastikan Layanan yang adil untuk kedua konsumen (‘Konsumen’) dan semua anggota agen lainnya – dan mencegah penyalahgunaan sistem yang mungkin berbahaya bagi konsumen, anggota agen lainnya dan / atau PT. AllProperty Media (Rumah.com).

Rumah.com berhak untuk mengubah panduan ini selama masa keanggotaan. Semua anggota akan diberikan informasi pada saat terjadi perubahan.

Rumah.com berhak untuk menangguhkan setiap anggota yang berulangkali melakukan pelanggaran terhadap pedoman yang berlaku.

CATATAN: Jika terjadi pelanggaran sebanyak tiga kali, akun secara otomatis akan ditangguhkan selama SATU minggu dan SELURUH listing yang ditangguhkan kemungkinan akan dicabut/dihapus.

Kendati keanggotaan ditangguhkan, biaya berlangganan tidak akan dikembalikan.

Kepemilikan Akun


Setiap akun berbayar harus dimiliki dan digunakan hanya oleh satu Agen Real Estat / Agen yang memiliki lisensi dan terdaftar. Memperbanyak orang atau tim tidak diperbolehkan dan akan menyebabkan listing dan/atau akun dicabut. Jika anda ingin mendaftar sebagai grup/agen/perwakilan, bisa menghubungi email kami di: customerservice@rumah.com

Detail Akun


Agen bertanggung jawab untuk menjaga detil akun dan rincian profilnya agar tetap terkini. Kontak dan informasi agen harus senantiasa akurat dan diperbarui secara rutin.

Foto Profil Akun


Akun profil foto harus berupa foto wajah pemilik akun.

Profil Akun

Tautan webpage / situs web pribadi agen yang termasuk dalam Profil Agen harus berisi listing yang diiklankan di Situs Jual Beli Properti, Rumah, Apartemen & Tanah di Indonesia | Rumah.com dengan informasi terkini (yaitu namaanda.agent.co.id)

Indikasi Preferensi Kaum

Agen tidak diperbolehkan menunjukkan kaum, preferensi etnis di semua iklan dan Profil Agen. Listing yang ditemukan dengan indikasi seperti itu akan segera ditangguhkan.

Nomor Telepon

Nomor telepon genggam dan alternatifnya harus merupakan milik Agen terdaftar di mana ia bisa dihubungi. Tidak diperbolehkan mencantumkan nomor telepon selain dari yang sudah didaftarkan dan maksimal dua nomor telepon untuk setiap akun.

Iklan Duplikat / Listing Ganda

Duplikat listing dari satu akun dilarang dan akan segera ditangguhkan setelah terdeteksi. Jika diketahui agen memiliki lebih dari satu listing aktif, mengiklankan unit properti yang sama dalam satu akun.

Duplikat listing dinilai berdasarkan, deskripsi yang sama, Judul yang sama, Alamat yang sama, foto dalaman yang sama, ukuran properti yang sama dan harga yang sama.

Beberapa Proyek / Unit dalam 1 listing

Satu iklan menampilkan beberapa projek/iklan dengan tipe lain di iklan yang sama, sangat dilarang. Hanya satu unit dari satu projek, dengan satu ukuran dan satu harga yang diperbolehkan pada listing. Rumah.com berhak untuk segera menangguhkannya.

Listing Palsu

Cantuman palsu dilarang keras di Rumah.com dan umpan balik / laporan tentang cantuman palsu segera ditindak lanjuti. Listing yang telah diselidiki palsu akan segera ditangguhkan.

Keaslian cantuman diverifikasi berdasarkan: listing properti tanpa foto yang menyertainya, sangat sedikit atau tanpa deskripsi listing, listing hanya memiliki foto dari perpustakaan Rumah.com

Listing Tidak Sah

Listing tidak sah yang dilaporkan akan segera ditangguhkan. Iklan dan penempatannya tidak boleh melanggar undang-undang atau hak sah apapun secara langsung maupun tidak langsung.

Penyelesaian Listing

Agen bertanggung jawab untuk mencantumkan tulisan ‘TERJUAL’ setelah properti tidak lagi tersedia (terjual). Penyelesaian listing harus dilakukan dalam AgentNet bawah tab ‘Ringkasan’ listing. Jika listing dilaporkan dan ternyata tidak lagi tersedia, listing akan segera ditangguhkan dan tidak lagi terlihat oleh publik di platform Rumah.com

Penting untuk dicatat bahwa semua listing yang diposting memiliki validitas 120 hari selama Paket Berlangganan Anda memiliki status aktif di platform Rumah.com – setelah itu akan secara otomatis di-non-aktifkan dan dipindahkan ke folder ‘Arsip’ dan tidak akan terlihat oleh publik hingga telah diaktifkan kembali.

Deskripsi Listing

Semua deskripsi listing harus merupakan representasi akurat dari listing masing-masing yang mereka iklankan. Uraian yang dapat menyesatkan pencari properti dengan informasi yang tidak akurat dan/atau persepsi listing dilarang.

Deskripsi yang dibuat tidak diperbolehkan mencantumkan URL dari kompetitor atau dari portal lain. Pencantuman URL yang diperbolehkan hanya URL pribadi yang diberikan Rumah.com. Contoh: namaanda.agent.co.id

Deskripsi listing dapat mencakup nama dan detail kontak agen properti, yang memiliki akun Rumah.com berbayar aktif.

Bahasa utama dari semua deskripsi harus dalam Bahasa Indonesia. Deskripsi dalam bahasa lain diizinkan sebagai bahasa kedua.

Tidak diperbolehkan mencantumkan kurs mata uang asing, dan jika ditemukan, akan segera dihapus.

Spamming keyword (Kata kunci spam) seperti penggunaan tanda hastag/pagar (#) dan pengulangan kata yang sama dalam berulang kali pada judul ataupun deskripsi dilarang. Karena itu akan menyebabkan hasil pencarian yang tidak akurat. Contoh : #rumahcantik #rumahmurah #RumahJakarta dsb… . Serta pengulangan seperti : Rumah Bintaro, Bintaro Rumah, Bintaro Jakarta, Bintaro Tangerang dsb…

Foto Listing

Semua foto listing harus merupakan representasi visual yang akurat dari listing masing-masing yang diiklankan. Foto yang menggambarkan dalaman properti, harus asli dan akurat, dari unit yang tepat pada saat itu. Semua foto listing harus menggambarkan dengan tepat apa yang bakal dilihat oleh pencari properti secara langsung.

Agen bertanggung jawab penuh untuk medapatkan hak cipta atau izin penggunaan sebelum menggunkan tayangan iklan dari sumber seperti, brosur proyek dan sebagainya. Rumah.com berhak menghapus foto dan materi lain yang melanggar undang-undang hak cipta atau yang melakukan pelanggaran.

Daftar foto yang ditemukan memenuhi satu atau lebih dari yang berikut ini, akan dianggap tidak relevan / tidak pantas, dan akan ditangguhkan:

Foto bukan dari properti yang diiklankan dan bukan representasi akurat dari properti beriklan, misalnya:

  • Foto agen atau foto kartu nama agen
  • Fasilitas seperti pusat perbelanjaan yang tidak dalam jarak yang wajar ke properti yang diiklankan
  • Foto yang mengandung konten non properti, seperti teks atau gambar orang (dalam foto atau overlay)
  • Foto yang tidak dirotasi ke orientasi yang benar
  • Foto tidak jelas / berkualitas rendah
  • Foto yang berisi tanda portal / situs web properti lainnya, misalnya, Rumah123, OLX, UrbanIndo, 99.co dll
  • Foto milik entitas lain dan digunakan tanpa izin
  • Foto duplikat
  • Foto dengan model manusia, landmark atau merek dagan dilarang
  • Foto tabel diagram
  • Foto yang hanya berisi teks
  • Foto yang terdiri dari, lebih dari satu gambar dalam satu frame foto (foto collage)
  • Foto yang merupakan denah atau peta

Denah lantai

Semua listing yang mencantumkan denah lantai harus merepresentasikan secara akurat sesuai proyek yang diiklankan. Gambar sketsa denah lantai diperbolehkan selama gambar tersebut terlihat jelas dan akurat.

Agen bertanggung jawab penuh untuk medapatkan hak cipta atau izin penggunaan sebelum membuat iklan di Rumah.com dari sumber seperti brosur proyek dan sebagainya. Rumah.com berhak menghapus foto dan materi lain yang melanggar undang-undang hak cipta atau yang melakukan pelanggaran.

Jika ditemukan denah lantai dari satu atau lebih, dalam suatu proyek yang tidak berkaitan bahkan tidak relevan dengan iklan maka Rumah.com berhak untuk menghapus foto tersebut seperti:

  • Denah lantai tidak berkaitan dengan proyek yang diiklankan
  • Denah lantai yang berisi tanda portal / situs web properti lainnya, misalnya, Rumah123, OLX, UrbanIndo, Singapore Property and Real Estate for Sale & for Rent | 99.co dll
  • Denah lantai dari projek yang tidak diiklankan bahkan jika tata letak, tipe dan ukuran sama bahkan dari projek yang sama
  • Foto denah lantai tidak jelas / berkualitas rendah
  • Foto denah lantai yang berisi informasi kontak lain, selain agen yang mengiklankan projek tersebut
  • Foto denah lantai yang berisikan lebih dari satu tipe

Video

Semua video harus merupakan representasi visual yang akurat dari masing-masing yang diiklankan.

Agen bertanggung jawab penuh untuk mendapatkan hak cipta atau izin penggunaan sebelum menggunakan tayangan dari sumber seperti brosur proyek dan sebagainya. Rumah.com berhak untuk menghapus denah lantai dan materi lainnya yang melanggar undang-undang hak cipta atau sedang melakukan pelanggaran.

Video yang ditemukan memenuhi satu atau lebih dari yang berikut ini, dianggap tidak relevan / tidak pantas, dan akan ditangguhkan:

  • Video yang tidak menampilkan properti yang diiklankan
  • Video yang terdiri dari satu atau beberapa foto properti yang disatukan
  • Video yang tidak menunjukkan dalaman properti beriklan. Sebagai contoh:
  • Video yang menampilkan fasilitas properti di sekitarnya saja
  • Video yang hanya menampilkan agent / pencapaian agen
  • Video yang diambil dari Youtube, Vimeo atau situs streaming video online tanpa izin
  • Video yang tidak jelas / berkualitas rendah
  • Video yang berisi refrensi pada orang lain selain agen yang mengiklankan properti
  • Tautan ke video adalah rusak

Listing Luar Negeri

Listing iklan properti di luar negeri tidak diperbolehkan di akun agen dan akan segera ditangguhkan. Hanya properti residensial atau komersial lokal yang diizinkan. Untuk mengiklankan properti di luar negeri, silahkan hubungi customerservice@rumah.com

Listing Proyek Baru

Agen dan tim pemasaran proyek disarankan untuk mendapatkan keizinnan yang relevan dari pengembang proyek masing-masing sebelum mendaftar proyek baru. Listing berulang dari jenis unit yang sama dengan beberapa harga indikatif dianggap sebagai listing duplikat dan akan segera ditangguhkan.

Perangkat lunak (Bots)

Dilarang keras menggunakan perangkat lunak otomatis seperti bot, peretasan, mod, atau perangkat lunak pihak ketiga lainnya yang tidak sah yang dirancang untuk mengakses, menggali, atau mengumpulkan konten/informasi dari Rumah.com

©Rumah.com dikemas kini pada September 2022